Ke 2 RTK Di Ponorogo Dipandang Cukup Untuk Menampung Keperluan Ibu Hamil

Agen Casino

Ke 2 RTK Di Ponorogo Dipandang Cukup Untuk Menampung Keperluan Ibu Hamil – Rumah Nantikan Kelahiran (RTK) di Ponorogo belum seutuhnya digunakan oleh ibu hamil (Bumil) untuk menanti waktu persalinan. Walau sarana serta bermacam keperluan disiapkan, banyak ibu hamil yang mempunyai kisah Efek Tinggi (Risti) pilih bertahan di dalam rumah sendiri.

“Misalnya ada ibu hamil di Ngrayun, ia diminta tinggal di RTK satu bulan menjelang hari persalinan tidak ingin. Faktanya anaknya sekolah, jauh jika harus bolak balik RTK. Walau sebenarnya keadaan ibunya masuk ke kelompok Risti,” kata Kasie Kesehatan Keluarga serta Gizi Warga Lis Suwarni , Senin (26/8/2019).

Lis meneruskan, keadaan geografis Ngrayun kurang berteman dengan bumil. Seseorang ibu yang tengah kontraksi benar-benar rawan bila harus lewat jalan yang curam serta susah dibuka untuk sampai ke rumah sakit.

“Kita wanti-wanti jika merasakan kesehatannya terusik selekasnya ke puskesmas atau rumah sakit,” terangnya.

Menurut Lis, RTK di Ponorogo ada di 2 tempat yaitu di Badegan serta Kelurahan Paju. Ke-2 rumah dipandang cukup untuk menampung keperluan ibu hamil.

“Kami siapkan itu memang untuk ibu hamil, tetapi memang keadaannya mereka menampik dengan fakta tidak nyaman jika tidak di dalam rumah sendiri serta beberapa fakta lain,” paparnya.

Seperti data di Dinkes Ponorogo, Angka Kematian Ibu (AKI) pada 2016 ada 12 orang. Bertambah di 2017 jadi 18 orang. Sedang pada 2018 ada 9 orang, serta dari Januari-Agustus 2019 telah ada 7 orang.

Selanjutnya Angka Kematian Bayi (AKB) pada 2016 sampai 177 bayi. Tahun 2017 ada 155 bayi. Sedang 2018 ada 134 bayi serta Januari-Juli 2019 ada 74 bayi.

“Agar tidak ada keterlambatan dalam referensi, ibu dengan kelompok Risti semestinya jaraknya dekat sama RS,” ujarnya.