Home / Berita Umum / KLHK Tangkap 4 Perambah Hutan Cagar Biosfer di Riau, 3 Alat Berat Disita

KLHK Tangkap 4 Perambah Hutan Cagar Biosfer di Riau, 3 Alat Berat Disita

KLHK Tangkap 4 Perambah Hutan Cagar Biosfer di Riau, 3 Alat Berat Disita – Empat perambah daerah rimba cagar biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu di Riau diamankan team dari Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan (KLHK) . Mereka ditemui menanam kelapa sawit di lokasi rimba cagar itu.

” Beberapa bibit sawit pun baru dihadirkan di area. Perambahannya belum juga demikian luas tetapi udah kita melakukan penangkapan, ” kata Kepala Balai Penegakan Hukum (Gakkum) KHLK Lokasi II Sumatera, Eduwar Hutapea alias Edo disaat dihubungi wartawan, Jumat (7/12/2018) .

Dari empat orang itu, Edo menyebutkan ada seseorang yg didapati sempat diamankan serta diadili. Orang itu dimaksud Edo diadili dalam perkara menguasai area tiada izin.

” Iya, dahulu sudah diamankan serta diadili. Namun demikian keluar, nyata-nyatanya buka daerah rimba kembali buat perkebunan sawit, ” ujar Edo.

Tidak hanya itu, Edo menyebutkan ada 3 alat berat tengah beroperasi yg diketemukan di area. Alat berat itu lantas langsung dievakuasi.

” Dari 3 alat berat yg beroperasi di lapangan, baru dua yg udah kita amankan ke Pekanbaru. Satu alat berat kembali lagi proses pengungsian. Lantaran sangat sukar medannya, ” ujar Edo.

Perambah Rimba Menantang dengan Melintangkan Mobil

Edo menyebutkan banyak perambah rimba itu pernah menantang dengan melintangkan mobil di tubuh jalan. Tetapi team KLHK terus dapat tangkap keempatnya.

” Waktu kita amankan alat berat di area, mereka mengerjakan perlawanan melalui langkah melintangkan mobil Pajero Sport ditengah tubuh jalan. Dengan impian mobil truk yg mengusung alat berat tak dapat melintas, ” kata Edo.

” Team kala itu tegas, apabila mobil Pajero itu tak disisihkan, kita bakal amankan juga. Namun selanjutnya mereka menggeser mobil itu dari tengah tubuh jalan, ” tambah Edo.

About admin